Saya buat artikel ini dikarenakan seorang user bertanya bagaimana menambahkan wiget menu navigasi di BlogPonsel.net. Saya sudah jelaskan bagaimana cara beserta langkahnya dan dia belum mengerti. Jadi, saya buat artikel ini dengan harap dia bisa, lihat bagaimana caranya di gambar dan bisa mengerti.

an idot

Pesan diurut berdasar waktu terbaru ke terlawas. Baca dari bawah ke atas.

Apa itu Build-in Widget?

Build-in Widget (atau Bahasa Indonesia: "Widget Siap-Jadi") adalah beberapa set kode teks yang sudah tersedia dan siap disisipkan di menu navigasi blog yang akan secara otomatis kengkonsuksi atau embed widget tertentu di blog. Fitur ini dianggap efektif karena praktis, irit ruang, meng-generated javascript (semenjak js diblokir). Sederhananya, fitur ini adalah bagian kecil dari fungsionalitas blog template di blogponsel.net.

Kata "Build-in Widget" sendiri adalah kata yang saya (Garett) klaim dan asumsi sendiri, semenjak Blogponsel.net belum menyediakan penjelas ataupun halaman bantuan mengenai ini. Hingga saat ini.

Cara Pasang Build-in Widget

Link menuju ke daftar widget dapat diakses dengan anda mengakses halaman menu navigasi pada link berikut:
http://www.blogponsel.net/id/custom_nav.php?

Mobile-view

mobile menu nav

 

Desktop-view

desktop menu nav

Seperti yang anda lihat, di atas daftar menu navigasi terdapat tombol "Tambahkan Widget", tombol tersebut akan mengarahkan anda ke halaman daftar build-in widget.

Mobile-view

mobile widget list

Desktop-view

desktop widget list

Halaman berikut berisikan daftar build-in widget sebagai berikut:

  • Google Translate
  • Google+
  • Rate Blog
  • Fanspage Facebook
  • Follow Button Facebook
  • Follow Button Twitter
  • Social Button
  • Alexa Rank

Anda klik, maka anda akan teralihkan ke halaman menu navigasi beserta teks widget tersebut. Perlu anda ketahui, beberapa widget memiliki parameter tambahan yang mungkin anda perlu isi agar bisa bekerja dengan baik.

Penutup

Itu dia tahap dan penjelasan Build-in Widget di Blogponsel.net. Di sini saya tidak terangkan kode dari masing-masing widget karena harapnya anda bisa segera coba dan buktikan sendiri.

Saya harap bisa bermanfaat, dan tinggalkan komentar hanya bila bingung tidak mengerti atau terimakasih.