Tonton video ini: https://streamable.com/i5xzz (BP filter iframe, jadi tidak bisa diembed)

"How to kill" tidak sebenarnya membunuh. Ini suatu tindakan yang mungkin menggangu kerja server blogponsel; memperlambat kinerja dengan merequest halaman yang memerlukan komputasi tinggi.

Jadi ada apa?

Ketika anda mengakses halaman Posting Terbaru, anda akan lihat daftar posting dari blog yang anda ikuti. Daftar paling banyak mencapai 50 item. Posting terbaru berumur kurang dari satu minggu.

Khusus untuk saya, ketika saya akses halaman tersebut akan selalu muncul error. Bila tampil juga, akan memerlukan waktu lama. Anda bisa ketahui dari video di atas itu.

Memerlukan waktu sampai 60 detik dan berakhir dengan Network Error. Oh boi.

Penyebab

Akun blogponsel yang saya pakai ini telah mengikuti blog lebih dari 18000+ blog. Tidak percaya? Bila anda adalah user dengan ID dibawah 14500 atau blog terakhir dibuat sebelum minggu lalu, anda pasti pernah dapat pemberitahuan "Garett mengikuti blog anda".

Setiap saya mengakses halaman Posting Terbaru tersebut, server akan lakukan komputasi pada database. Melakukan query pada tabel blog post pada setiap blog yang diikuti user yang menakses (Garett) untuk mendapati 50 posting terkahir.

Karena blog yang saya ikuti banyak, blog bisa update post kapan saja, dan sistem pada software blogponsel.net belum menerapkan teknologi memcache (atau database-caching semacamnya); server akan melakukan komputasi kembali berulang-kali setiap saya akses halaman tersebut.

Solusi

Bagaimana agar tidak error? Bila anda bertanya kepada saya: sebagai seorang user BP, ada kemungkinan kecil halaman tidak muncul error atau bekerja dengan baik jika users BP sedikit yang online atau tidak melakukan operasi semisal posting, kirim chatroom,  posting komentar, sunting blog, dsb--tidak menghitung pengunjung (visitor)!

Yeah, itu yang hanya bisa saya lakukan. Saya bukan admin atau developer blogponsel... kecuali saya unfollow semua blog yang saya follow... tapi saya malas.

Bila anda arahkan bagaimana solusi masalah ini ke Admin dan Developer, opini saya adalah: adanya pembenaan pada software BlogPonsel.net. Pembenaan software semisal: efektifitas relasi tabel pada database, data modeling, atau database caching. Ini bukan hal yang asing, jika kalian seorang developer dan memegang data yang besar, hal seperti ini akan muncul.

Kesimpulan

Seperti yang anda tahu, "follow" adalah suatu tindakan mengikuti kabar. Terminologi ini berlaku pada jejaring sosial semisal Facebook dan Twitter, ketika anda follow seseorang, maka segala update darinya akan muncul diberanda. Follower atau yang di-follow ada banyak dan mereka bisa follow akun siapapun dari situs yang terkait tersebut sebanyak-banyak, tanpa ada aturan tertulis berapa banyak batasannya. Ini normal.

Tidak ada banyak yang bisa kita perbuat; hanya Admin. Dan mungkin untuk sekarang saya belum bisa akses Posting Terbaru dulu. Saya akui BlogPonsel.net ini adalah penyedia layanan blogging bagus oleh Indonesia yang telah lama berjalan dan memiliki banyak member aktif.

Bila saya jahat, saya bisa lakukan Ctrl + F5 berkali-kali di Posting Terbaru berkali-kali sampai server down. Sayangnya tidak, saya orang baik. Please don't hate me, Roki-senpai~ Peace. I love BlogPonsel.net <3