Install Arch Linux di komputer atau VirtualBox (VM) tidak akan pernah bisa kalau anda pakai ISP Telkomsel. Masalah jaringan lambat? Bukan, melainkan Telkom akan mem-proxy semua jaringan non-HTTPS dan menyopernya ke web browser anda dengan beberapa baris tambahan pada konten.

Lebih lanjut, baca: ISP Telkom menyisipkan JavaScript pada jaringan non-HTTPS.

Solusi:

Agar installasi mudah dan berprosedur, terutama bagi mereka yang belum pernah install Arch Linux sama sekali; hal pertama yang harus dilakukan adalah install Anarchy Linux. Anarchy Linux adalah versi ringan dan semi-graphical yang dikemas dengan installer yang mempermudah usernya untuk installasi. Walaupun demikian, Distro Linux ini tidak beda jauh dengan Distro Arch berdasarkan base.

Pertama, download: https://anarchy-linux.org/download/ 
Pada halaman download terdapat dua versi ISO: Live GUI dan Minimal CLI. Keduanya tidak jauh beda, karena saat installasi, akan tetap terseleksi Desktop Enviorment mana yang akan di-install. Bila anda kurang percaya dengan CLI (tanpa grafis), anda biisa pilih yang Live GUI; bila anda sudah terbiasa dengan CLI, anda bisa download versi minimal-nya dengan ukuran 1/2 lebih kecil: hanya ~500 MiB saja (cocok bila kecepatan download lambat).

Kedua, membuat media boot: burn CD atau buat bootable-USB. Ini hal yang tidak asing bila anda pernah install suatu distro Linux. Bila anda ingin menyinstallnya di Virtual Machine, anda hanya perlu buat vm-box, mount ISO, lalu boot. Bila anda masih bingun pada bagian ini, anda bisa Google atau tanya teman yang pernah install.

Ketiga, let's rock!

  1. Masukan media boot ke port komputer, lalu boot up.
  2. Masuk ke installasi Anarchy Linux:
    • Bila anda di desktop, pilih menu "Install"
    • Bila anda di cli, ketik "anarchy" lalu Enter.
  3. Pilih bahasa dan ikuti installasi.

Pilih remote mirror-list dengan "All-https" seperti gambar berikut:

img

Selesai. Setelah itu anda bisa ikuti instruksi installasi seperti biasa: Pilih Locate, Paket, Desktop Enviorment, paket tambahan, dsb -- lalu install. Tunggu download sampai selesai. Selama download berlangsung, tidak akan muncul pesan error.

Semoga bermanfaat!