GIMP (GNU Image Manipulation Program) adalah perangkat lunak manipulasi grafis yang popular di kalangan graphic designer. Selain gratis, perangkat lunak ini memiliki fungsi yang tidak kalah saing bila dibandingkan dengan Adobe Photoshop. GIMP diliris dengan lisensi GPLv3+ dan tersedia untuk LinuxmacOS, dan Microsoft Windows. GIMP juga tersedia di paket-manager pada banyak distro Linux.

Di artikel ini, saya akan membahas bagaimana merubah tampak GIMP menjadi mode jendela-tunggal (single-windowed mode).

Mengapa harus Single-Window Mode?

Sebagian pemula atau designer yang terbiasa menggunakan Adobe Photoshop rutin mengalami masalah saat mengoperasikan GIMP dikarenakan gimp memiliki multi-windows sebagai bawaan awal. 

defaultTampilan seperti ini diklaim oleh beberapa adalah efektif dikarenakan window utama (yang berisikan gambar dan berada ditenggah) dapat diberlakukan sebagai ruang kerja utama. Window sisasnya (toolbars dan layer-brush) akan melayang dan bekerja sebagai "alat" yang dapat disembunyikan/tampilkan berkali-kali dengan "Tab" keys.

Tapi bukan itu inti utama yang saya bahas.

Ubah ke Single-Window Mode

Untuk merubah ke Single-Window Mode, langkah-langkanya adalah:

  1. Pilih menu Windows, lalu
  2. Pilih Single-Window Mode.

pilih

Bila sudah beralih mode, maka akan muncul centang. Tampilan Single-Window Mode adalah seperti berikut:

sw

Untuk mengembalikan window ke tampilan seperti semula, ikuti tahap di atas dan centang akan hilang. Sederhana.

Reset Tampilan Window ke Tampilan Semula

Jendela kerja GIMP itu sangat fleksibel. Anda dapat mengotak-atik dan merubah posisi docker, tools, dan alat ke berbagai posisi dengan mudah. Atau bila anda kreatif, anda bisa merubah mirip seperti tampilan pada Adobe Photoshop.

Ketika anda merubah-ubah, ada kemungkinan anda membuat kesalahan dan ingin mengembalikan jendela/window GIMP menjadi ke tampilan semula. Untuk melakukannya, yang anda perlu lakukan adalah, buka: menu Edit -> pilih sub-menu Preferences -> masuk ke tab Windows Management -> lalu pilih Reset Saved Windows Position to Default Properties.

pilih

Ketika sudah dipilih, anda perlu merestart ulang program GIMP agar berefek (tutup GIMP, lalu buka kembali; bukan restart PC!).

Penutup

GIMP adalah program yang tidak hanya gratis, tapi juga powerful. Pengenalan bagaimana penggunaannya diperlukan proses sebagaimana suatu individu belajar suatu program baru. Untuk mendepan, saya akan sempatkan menulis beberapa artikel mengenai desain dan manipulasi gambar, disamping tentang pemprograman.