Inti dari desain adalah menampilkan atau mempresentasikan. Hal yang akan saya lakukan saat ini adalah mendesai ulang Blog ini dengan desain yang seminimalis mungkin. Kata "minimalis" dalam maksud tidak terlalu banyak pernak-pernik atau hal-hal yang sia-sia. Desain yang rencana saya buat berfokus pada konten halaman--tidak lebih tidak kurang.

Ada suatu projek yang menarik perhatian saya, bernama sakura. Ini adalah CSS Framework; seperti yang kita kenal, framework umumnya adalah suatu aturan yang telah jadi dan distandarkan dan siap pakai. CSS Framework yang ternama dan dikenal netter Indonesia umumnya Bootstrap dan Foundation 5.

Apa yang membuat saya memilih sakura css framework ini adalah ini  tidak memiliki aturan kelas sama sekali. Sakura CSS tidak memerlukan dokumen atau informasi tambahan mengenai bagaimana atau aturan apa dalam penggunaannya, karena tidak ada. Anda hanya perlu mencantumkan tag CSS di tag head dan viola!

Lihat demo di sini: https://oxal.org/projects/sakura/demo/

Ini memiliki apapun yang membuat halaman tanpa class terdefinisi atau plain tanpa css terlihat cantik. Tidak ada aturan terikat dan terlihat seragam. Bekerja pada semua jenis web browser dan responsive pada layar kecil. Ukurannya juga kecil (~4 Kb).

Sayangnya, dikarenakan ini tidak memiliki class css, anda tidak bisa mengharapkan banyak untuk desain yang lebih kaya. Anda harus mendifinisikan rule dan class CSS tersendiri pada element bagian HTML yang anda inginkan; dan yeah, hal seperti ini biasa terjadi kepada framework jenis lain.