Seperti yang pernah saya sebut di post lainnya, yang saya harapkan dari template yang saya buat, terutama yang minimalis atau kecil adalah template yang dapat digunakan di view (tampilan) manapun. Jadi blog anda akan terlihat seragam dalam tampilan mobile maupun desktop.

Pada kasus ini, saya punya dua template: 1 sudah selesai, dan 1 dalam proses. Dari kedua template tersebut, agar tidak menggangu satu-dengan-lainnya, saya buat yang sudah selesai khusus untuk tampilam mobile dan yang dalam proses untuk tampilam desktop dan namun yang saya dapatkan di tampilan mobile adalah template mobile dengan css desktop.

facepalm

Itu terjadi karena ini:

<link rel="stylesheet" href="{ blog:url }/desktop.css?v=19" type="text/css" />

Dari kode link untuk stylesheet yang terdapat di head html tag di atas, tertulis "desktop.css" yang artinya: walaupun template tersebut digunakan pada mobile, template akan tetap membaca css desktop. Hal seperti ini tidak fleksibel karena bila ingin berpidah dari desktop/mobile, yang perlu dilakukan selain import css adalah mengubah link ke stylesheet di meta tag dari desktop ke mobile, atau sebaliknya.

Tambah kerjaan. Aduh.

Dikarenakan hal itu, semua template yang saya publikasi akan terjadi perubahan. Dari yang sebelumnya (belahan lihat kode di atas), menjadi nama asli dari template tersebut, seperti ini:

<link rel="stylesheet" href="http://mini.blogponsel.net/files/sakurata.css?v=19" type="text/css" />

atau bila standalone (upload-simpan-css ke blog sendiri):

<link rel="stylesheet" href="{ blog:url }/files/sakurata.css?v=19" type="text/css" />

Itu yang bisa saya lakukan sekarang. Saya berharap Roki Saputra bisa memberi tahu apakah ada tag tersendiri untuk mengindentifikasi suatu view apakah mobile atau desktop. Sudah bertanya dan sedang menunggu,