serp

Ternyata sistem rating pada BlogPonsel.net memiliki fungsi. Anda bisa lihat sendiri, ketika saya menelusuri hasil pencarian pada situs dengan site:mini.blogponsel.net/ pada Google Pencarian, akan munul bintang beserta jumlah ulasan seperti yang anda lihat di gambar.

Sistem rating di BlogPonsel.net ini belum secara resmi diumumkan… Tapi saya bisa ketahui ini dari widget rating pada navigasi. Isi dari widget sendiri otomatis terbentuk oleh sistem. Potongan HTML-nya adalah berikut:

<span class="rating-desc" itemscope="" itemtype="http://schema.org/Product">
 <span itemprop="name">Minimalisticsm</span>
 <span itemprop="aggregateRating" itemscope="" itemtype="http://schema.org/AggregateRating"> Rated <span itemprop="ratingValue">5</span> / 5 based on <span itemprop="reviewCount">770</span> reviews.</span>
</span>

Saya tidak tahu apa-apa mengenai ini… Tapi schema.org sangat berpengaruh kuat pada SEO. Saya bukan pakar SEO, kalau boleh jujur. Saya bisa gunakan ini untuk bagan template!

Mengenai bagaimana saya bisa dapatkan bintang lima, itu adalah hasil rate dari user blogponsel lain. Saya hanya perlu lakukan sedikit usaha sana dan sini, namun nonstop dan viola! Bintang 5 dan masuk ke daftar blog paling dirating. Saya yakin, anda juga bisa.

Update (02-01-2018):

Seorang member bernama khoerul mustofa bertanya:

Itu kode buat apaan ya??? Ane belum faham

Well, mungkin tidak semua user BP belum tahu mengenai ini. Untung anda bertanya, kalau tidak saya akan diam-diam saja; tidak tahu ada yang salah.

Yang saya maksud di atas adalah ini:

pic1

Letaknya di navigasi menu. Untuk memasang menu tersebut, saya pakai ini:

Anda bisa memasang sendiri dengan pasang kode berikut di navigasi:

[widget:rate]

Saya dapatkan itu  dari widget menu di desktop. Bila dibandingkan dengan mobile, mungkin beda. Hanya sekedar memberi tahu.

Namun disangat disayangkan... Seorang sobat dari Bersosial.com memberitahukan saya bahwa hal seperti ini tidak baik:

status

Anda bisa cari tahu lebih lanjut: di artikel oleh Dan ini.

Well, bisa anda lihat: Rating seharusnya untuk situs, namun itu terdapat hampir di seluruh halaman. Sederhana saja, itu terjadi karena letaknya di navigasi menu dan terakses pada semua halaman. Seperti pada gambar hasil pencarian di atas: semua item serp memiliki nilai yang sama.

Apakah ini bahaya? Jelas. Saya belum dapat peringatan apapun dari webmaster karena belum register, namun dari informasi yang saya dapat dari Dan, sebaiknya snippet rating ini dihilangkan.